Skip to main content

METAVERSE


APSTPIx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Metaverse pada teknologi pembelajaran digunakan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan imersif. Pengguna kursus dapat menjelajahi lingkungan virtual yang mendukung eksplorasi, interaksi dengan objek 3D, atau berpartisipasi dalam simulasi pendidikan dan pembelajaran yang realistis. Konten kursus juga memberikan pengalaman bekerja sama dalam lingkungan virtual, baik secara langsung maupun melalui avatar. Sehingga kemampuan berkolaborasi dalam proyek, berbagi ide, dan memecahkan masalah secara tim menjadi kekuatan pengalaman belajar di metaverse. Secara menyeluruh pembelajaran metaverse memungkinkan untuk sebuah pengalaman pembelajaran yang kontekstual dan nyata melalui preferensi pembelajaran individu. Pengelaman mengatur lingkungan pembelajaran sesuai dengan preferensi dan mengakses materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan menjadi pengalaman yang menarik dan menantang. Penggabungkan aspek-aspek yang relevan dan mendukung pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual adalah kunci dalam memanfaatkan potensi metaverse dalam teknologi pembelajaran.

Capaian Pembelajaran

1. Pebelajar memiliki pengetahuan dan pemahaman Konsep Abstrak (C1,C2) dalam penguatan mengoperasikan, berinteraksi, dan menggunakan metaverse (C3) dalam pembelajaran.

2. Pebelajar memiliki pengalaman mengembangkan literasi digital (C1,C2 dan C3) untuk mengkostruksi kompetensi teknologi metaverse (C4 dan C5) dalam inovasi teknologi pembelajaran (C6).

3. Pebelajar mampu memanfaatan metaverse sebagai perangkat conference (C3) melalui komunikasi efektif, kolaborasi jarak jauh, pengalaman konferensi yang realistis, dalam jangkauan global, penguasaan teknologi (C4), dan pengembangan profesional pembelajar (C6).

4. Pebelajar memiliki pengalaman untuk memanfaatkan metaverse sebagai empty technology untuk menampung konten pembelajaran yang kreatif, konstruksi evaluasi, (C6) sehingga pebelajar memiliki kesiapan menjadi aktor utama dalam proses pembelajaran (performansi).

 

Credit : 2 SKS
Jenjang : All

 

Dosen Pengampu

 

Dosen

Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd.

Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang

Anda dapat menghubungi dosen dengan salah satu email berikut:

[email protected], [email protected], [email protected]

Designed by: Afriani

 

  1. Nomor Kursus

    MCMETA0001
  2. Kelas Dimulai

    Feb 6, 2024
  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    Indonesian
  5. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.